Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Perancak (06/03). Ekosistem mangrove sebagai salah satu komponen penting di wilayah pesisir memiliki tingkat urgensi yang cukup tinggi. Tak hanya dari segi fungsi dan keberadaannya saja namun pada kajian monitoring-nya juga. Beragam metode pun dapat dilakukan terkait hal tersebut, salah satunya dengan aplikasi remote sensing.

Bertempat di Aula Gedung Observasi Laut Nasional, Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) Perancak, Dr. Christophe Proisy memaparkan kuliah umum bertajuk Remote Sensing Application for Mangrove Monitoring dengan topik khusus On the Monitoring of Mangrove Forests Using Very High Spatial Resolution Optical Satellite Imagery. Beliau merupakan Head of The GeoSMIT Department French Institute of Pondicherry India, juga berasal dari Institut de Recherche pour le Developpement France. Kegiatan berlangsung kondusif dan dipandu oleh Ibu Frida Sidik selaku Moderator. Banyak pihak yang tertarik untuk mendalami materi yang disampaikan beliau, mengingat pengaplikasian remote sensing untuk kajian monitoring mangrove dapat menambah keabsahan data monitoring yang didapat dari observasi lapangan. 

Hari pertama (Selasa, 06 Maret 2018) kuliah umum oleh Dr. Christophe dihadiri oleh peserta dari beragam kalangan baik dari Peneliti BROL, LSM, NGO, maupun Mahasiswa. Hari kedua (Rabu, 07 Maret 2018) para peserta mengikuti training lebih lanjut di Ruang Rapat Lantai 2 Gedung Utama BROL dengan topik bahasan mengenai teknis monitoring mangrove menggunakan aplikasi remote sensing. Pada kesempatan itu Dr. Christophe menunjukkan panduan penggunaan aplikasi yang digunakan, salah satunya ialah The DART (Discrete Anisotropic Radiative Transfer) Model yang dapat diakses secara terbuka di http://www.cesbio.ups-tlse.fr/us/dart.html. Training berjalan kondusif dan lancar. Remote sensing akan memudahkan kita untuk memperjelas monitoring luasan dan densitas mangrove secara lebih dalam. Namun, tetap harus melakukan ground truth untuk tingkat akurasi yang lebih terperinci.  

 

Agenda Kegiatan

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM