Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Bandung (14/12). Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI) ditujukan bagi kemaslahatan nelayan penangkap ikan. Nelayan diharapkan mampu meningkatkan produktifitas penangkapan ikan melalui informasi yang tertera dalam setiap terbitan PPDPI. Sejauh ini, respon balik dari nelayan pengguna PPDPI masih terus diupayakan sebagai indikator keabsahan dan keakuratannya.

Menyikapi pentingnya respon balik tersebut, Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) mewadahi para nelayan pengguna melalui beragam platform, baik secara online atau offline. Hal ini juga terus dipesankan dalam setiap sosialisasi yang BROL adakan. Seiring dengan hal tersebut, Jum’at (14/12) lalu, BROL berkesempatan menjadi pemateri dalam acara validasi data semester II statistik bidang perikanan tangkap tahun 2018, yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Barat. Acara ini merupakan acara rutin DKP Provinsi Jabar pada setiap semester yang diikuti oleh perwakilan dari DKP Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Barat. 

BROL yang diwakili oleh Dinarika Jatisworo, M.Si. (Peneliti bidang Penginderaan Jauh Kelautan) memberikan paparan materi berjudul “Pengembangan Teknologi Penangkapan Ikan (Smart Fishing) dalam Mendukung Pengelolaan Data Statistik Perikanan Tangkap di Jawa Barat”. Materi tersebut berisi penjelasan mengenai proses-proses pembuatan PPDPI, jenis PPDPI, dan cara distribusi PPDPI yang dihasilkan oleh BROL. 

Guna mendukung tema acara mengenai data statistik, maka materi dititikberatkan pada pentingnya data respon balik dari nelayan untuk peningkatan PPDPI di masa depan. Acara ini dihadiri oleh perwakilan DKP di 27 Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Barat. Peserta yang hadir dalam kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini (dimulai pada Kamis (13/12)) ialah sangat partisipatif dengan menyampaikan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan PPDPI.  

“Kegiatan serupa dapat diagendakan pada lain waktu dalam kerangka kerja sama, karena DKP Provinsi Jawa Barat akan segera menindaklanjuti kegiatan ini dan melakukan pembahasan kerjasama dengan BROL)”, ungkap Dinarika. 

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM