BERITA TERKINI
SEMINAR INTERNASIONAL KELAUTAN 2011
[Berita Terkini]
Berita diterbitkan pada: Minggu, 12 Juni 2011
BROK bekerjasama dengan Universitas Udayana dan ITB mengadakan Seminar Internasional Kelautan  selama dua hari, 9-10 Juni 2011 di gedung Pascasarjana Universitas Udayana. Tahun ini, tema seminar yang diambil adalah Pengelolaan Sumberdaya Laut dan Pesisir yang Berkelanjutan di Kawasan Coral Triangle Initiative (CTI), dengan Tiga Sub Tema yaitu Dinamika Oseanografi di Kawasan CTI, Kerentanan di Kawasan CTI Akibat Perubahan Iklim dan Pengelolaan Sumberdaya Laut dan Pesisir di Kawasan CTI. Acara ini diselenggarakan dalam rangka mempertemukan para peneliti, akademisi, dan pengambil kebijakan di Indonesia dan dunia guna merumuskan dan melakukan langkah-langkah mitigasi dan adaptasi yang dianggap perlu untuk menjaga kelestarian terumbu karang di kawasan CTI tersebut.

Kegiatan seminar dibuka oleh Prof. Dr. I Komang Gede Bendesa, M.A.D.E  Pembantu Rektor I Universitas Udayana. Dilanjutkan kemudian penandatanganan kerjasama antara Puslitbang Sumberdaya Laut dan Pesisir Balitbang KP dengan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB dan antara Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB dengan Fakultas Pascasarjana Universitas Udayana. Bertindak sebagai keynote speaker adalah Prof. Dr. Jamaluddin Jompa dari KKP, Prof.Dr. Eddy A Subroto dari ITB dan Prof. Dr. Tasuku Tanaka dari CReSOS Universitas Udayana. Hadir pula para pembicara undangan yaitu Prof. Dr. Safwan hadi (ITB), Prof. Dr. Suharsono (LIPI), Dr. Takahiro Osawa (CReSOS - UNUD), Dr. Wei Dong Yu (FIO, SOA - China), Dr. Joanne Wilson (TNC – Australia), Dra. Nurhayati, M. Sc (BMKG), Dr. Sukrasno (ITB), dan Dr. I Wayan Arthana, M.S (PPLH – UNUD). Seminar diikuti oleh sekitar dua ratus lima puluh peserta dengan lima puluh diantaranya berpartisipasi sebagai pemakalah umum.

Para peneliti yang ikut berpartisipasi dalam seminar ini menyadari bagaimana pentingnya kontribusi penelitian mereka terhadap terhadap permasalahan di kawasan CTI. Mereka telah meneliti dan menganalisis berbagai fenomena di kawasan CTI dari berbagai sudut pandang, biologi, fisika, matematis, bahkan sosio ekonomi. Diharapkan dengan hasil penelitian yang telah dilakukan, akan diambil langkah – langkah yang signifikan serta kebijakan publik yang bisa mendukung kinerja semua pihak sebagai tindak lanjut dari permasalahan yang terjadi di kawasan CTI. 




 
Kembali Ke Halaman Sebelumnya
 

INFO PENCARIAN

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta PDPI

Inagoos


JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut pendapat anda tentang tampilan website ini?
Sangat Bagus
Bagus
Kurang Bagus
Hasil Voting:  Detail
• Dari: 1609 responden

QUICK LINKS
Republik Indonesia
Kementerian Kelautan dan Perikanan
OceanColor Home Page
Badan Meteorologi & Geofisika
Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan Dan Perikanan
Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Laut dan Pesisir
Pusat Penelitian Oseanografi LIPI
Komite Akreditasi Nasional
NOAA Coral Reef Watch
Universitas Udayana, Bali
Universitas Diponegoro, Semarang
Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya
Universitas Brawijaya, Malang
Universitas Trunojoyo, Madura
Institut Teknologi Bandung
Collecte Localisation Satellites, France
Sirtrack Ltd.
Bakosurtanal
Ditjen Kelautan, Pesisir dan Pulau - Pulau Kecil
Institut Pertanian Bogor
Pemkab Jembrana, Bali
Seaturtle Organization
Telonics, Inc.
Springerlink

Jumlah Pengunjung :
666419
(sejak 21 Juli 2008)


Users online class errors:
  • Unable to record new visitor
  • Unable to delete visitors

 
© 2014 Balai Penelitan dan Observasi Laut - All Rights Reserved.